Perilaku konsumen ekonomi SMA, pembahasan contoh soal

Nomor 1
Yang termasuk faktor internal yang mempengaruhi konsumen, kecuali...
A. Pendapatan
B. Motivasi
C. Sikap dan kepribadian
D. Selera
E. Status sosial

Pembahasan
Yang termasuk faktor internal yang mempengaruhi konsumen sebagai berikut:
  • Pendapatan
  • Motivasi
  • Sikap dan kepribadian
  • Selera
Jadi yang bukan faktor internal adalah status sosial.
Jawaban: E

Nomor 2
Perhatikan pernyataan dibawah ini:
  1. Kebudayaan
  2. Status sosial
  3. Harga barang
  4. Pendapatan
Yang termasuk faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen adalah...
A. 1 dan 3
B. 1, 2, dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 saja
E. 1, 2, 3, dan 4

Pembahasan
Faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen adalah kebudayaan, status sosial dan harga barang.
Jawaban: B

Nomor 3
Perhatikan pernyataan dibawh ini:
  1. Produk memberikan kegunaan yang optimal bagi konsumen
  2. Produk dibutuhkan konsumen
  3. Mutu produk terjamin
  4. Membeli produk karena terpengaruh oleh iklan.
Pernyataan yang menunjukkan dasar pertimbangan yang rasional bagi konsumen ketika membeli suatu produk adalah...
A. 1 dan 3
B. 1, 2, dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 saja
E. Semua benar

Pembahasan
Perilaku konsumen rasional sebagai berikut:
  1. Produk memberikan kegunaan yang optimal bagi konsumen
  2. Produk dibutuhkan konsumen
  3. Mutu produk terjamin
  4. Harga terjangkau
Jadi yang benar adalah 1, 2 dan 3.
Jawaban: B

Nomor 4
Diberika empat faktor:
  1. Air
  2. Modal
  3. Hewan
  4. Keahlian
Yang termasuk faktor produksi asli adalah...
A. 1 dan 3
B. 1, 2, dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 saja
E. Semua benar

Pembahasan
Faktor produksi asli yaitu alam (tanah, air, udara, sinar matahari, tumbuhan, hewan, barang tambang) dan tenaga kerja. Jadi yang benar adalah 1 dan 3.
Jawaban: A

Nomor 5
Diberikan 4 hal sebagai berikut:
  1. Perencanaan
  2. Pengorganisasian
  3. Pengarahan
  4. Pengendalian
Hal yang harus dilakukan seorang pengusaha agar berhasil adalah melakukan...
A. 1 dan 3
B. 1, 2, dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 saja
E. semua benar

Pembahasan
Yang harus dilakukan seorang pengusaha agar sukses adalah perencanaan, pengendalian, pengorganisasian dan pengarahan.
Jawaban: E

Nomor 6
Adi makan mie goreng tiap hari senin. Budi makan mie goreng tiap hari senin. Kegiatan Adi dan Budi merupakan perilaku konsumsi yang dipengaruhi faktor...
A. pendapatan
B. kebudayaan
C. motivasi
D. harga barang
E. selera

Pembahasan
Makan mie goreng dihari tertentu merupakan perilaku konsumsi yang dipengaruhi faktor selera karena waktu makan mie goreng dapat ditentukan sesuai keinginan individu masing-masing.

Nomor 7
Contoh perilaku irrasional adalah...
A. Makan nasi karena lapar
B. Memakai laptop untuk bekerja
C. Membeli buku untuk belajar.
D. Membeli sabun mandi karena melihat iklan di TV
E. Pergi ke Bioskop di hari Minggu

Pembahasan
Pertimbangan prilaku konsumsi irrasional sebagai berikut:
  1. membeli barang karena tertarik dengan iklannya.
  2. membeli barang karena mereknya yang terkenal.
  3. membeli barang karena adanya obral.
  4. membeli barang untuk pamer
Jadi jawaban yang tepat adalah D

Nomor 8
Kegiatan pelaku ekonomi:
  1. Membeli barang dan jasa untuk kebutuhan sehari-hari
  2. Menerima gaji bulanan tiap tanggal 25
  3. Menghasilkan barang dan jasa sesuai permintaan pasar.
  4. Membayar sewa tempat yang digunakan untuk usaha produksi.
  5. Membeli dan menyediakan barang jasa untuk digunakan sendiri.
  6. Menggunakan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan/atau jasa
Kegiatan diatas yang dilakukan oleh rumah tangga perusahaan/produsen adalah....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 4, dan 6
D. 3, 4, dan 6
E. 4, 5, dan 6

Pembahasan
Kegiatan nomor 1, 2, dan 5 adalah kegiatan rumah tangga konsumen sedangkan 3, 4, dan 6 adalah kegiatan rumah tangga produsen.
Jawaban: D

Nomor 9
Perhatikan bagan interaksi rumah tangga konsumsi (RTK) dengan rumah tangga produksi (RTP) berikut ini:
Bagan interaksi rumah tangga konsumsi dengan rumah tangga produksiBerdasarkan bagan diatas, nomor 4 menunjukkan...
A. Faktor produksi dari rumah tangga kepada produsen
B. Barang/jasa dari produsen kepada rumah tangga
C. Penerimaan rumah tangga dari produsen
D. Balas jasa dari produsen kepada pemilik faktor produksi
E. Pengeluaran konsumen / pendapatan produsen

Pembahasan
Nomor 1 menunjukkan aliran faktor produksi
Nomor 2 menunjukkan Imbalan dari faktor produksi
Nomor 3 menunjukkan Hubungan antara RTK dengan RTP
Nomor 4 menunjukkan arus pengeluaran konsumen / peneriamaan produsen
Nomor 5 menunjukkan arus barang dari RTP ke RTK
Jawaban: E

Soal ujian nasional perilaku konsumen

Nomor 1
Pernyataan dibawah ini merupakan perbedaan antara pendekatan kardinal dengan pendekatan ordinal adalah...
A. Pendekatan kardinal bahwa kepuasan konsumsi barang tidak dapat diukur sedangkan pendekatan ordinal kepuasan konsumsi dapat diukur.
B. Pendekatan kardinal kepuasan konsumsi barang dapat diukur dengan satuan ukur sedangkan pendekatan ordinal kepuasan konsumsi dapat diukur dengan angka ordinal.
C. Pendekatan kardinal dilakukan dengan menggunakan analisis indefferens curve sedangkan pendekatan ordinal dengan menggunakan analisis marginal utility.
D. Pendekatan kardinal menjelaskan kepuasan konsumen secara pendekatan relatif objektif sedangkan pendekatan ordinal menjelaskan kepuasan konsumen secara pendekatan subjektif.
E. Pendekatan kardinal kepuasan konsumsi barang dapat diukur dengan angka ordinal sedangkan pendekatan ordinal kepuasan konsumsi diukur dengan satuan ukur.

Nomor 2
Perhatikan peran konsumen dan produsen dibawah ini!
  1. Penyedia faktor produksi
  2. Menerima pembayaran pajak
  3. Pengguna barang atau jasa
  4. Pengguna faktor produksi
  5. Membayar sewa, upah, bunga, laba
  6. Meneriman sewa, upah, bunga, laba
Yang merupakan peran rumah tangga konsumen adalah...
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 6
C. 2, 3, 4
D. 3, 4, 5
E. 4, 5, 6

Nomor 3
Perhatikan kegiatan-kegiatan ekonomi berikut ini:
  1. Bu Diah selalu memilih dan menawar barang-barang yang akan dibeli.
  2. Untuk menarik pelanggan rumah makan "Enak" memberi diskon 10% untuk pembeli
  3. "Top tour & travel" menambah jaringan usaha dengan membuka rumah makan dan penginapan
  4. Dalam membelanjakan uangnya Mona selalu berpedoman pada skala prioritas yang telah disusunya.
  5. Dengan memasang iklan harga barang menjadi naik, Namun tetap dilakukan oleh pak Dibyo untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.
Yang merupakan peran dari produsen adalah...
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 4
E. 3, 4, 5

Nomor 4
Perhatikan pernyataan berikut:
  1. Permintaan datangnya dari rumah tangga konsumen
  2. Penawaran datangnya dari rumah tangga produsen
  3. Memperoleh penghasilan dari gaji
  4. Berperan sebagai pelaku proses produksi
  5. Tinggi rendah balas jasa dipengaruhi faktor letak.
Yang merupakan pasar faktor produksi tenaga kerja adalah..
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 5
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 3, 4, 5

Nomor 5 
Analisis perilaku konsumen dengan pendekatan kardinal dan ordinal:
  1. Kepuasan konsumen dapat dianalisis dengan kurva indeferen
  2. Perilaku konsumen dapat memuaskan konsumsinya tidak dapat diukur
  3. Konsumen berusaha mendapatkan kepuasan maksimal dari barang yang dikonsumsi
  4. Alat analisis yang digunakan berupa marginal utility.
Analisis perilaku konsumen dengan pendekatan ordinal adalah...
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 2, 4, 5

Nomor 6
Berikut ini beberapa kegiatan ekonomi:
  1. Bapak Danang pergi ke Jepang untuk menyurvey hotel untuk berlibur
  2. Bapak Iwan membayar pajak perusahaan ke kas negara setiap tahun.
  3. Bapak Malarangen setiap akhir bulan membayar gaji karyawan dan biaya-biaya produksi
  4. Menjelang akhir tahun gaji bapak Togar mengalami kenaikan 25%.
  5. Bapak Siregar memesan mesin produksi dari luar negeri untuk mempercepat kerja.
Kegiatan ekonomi yang termasuk perilaku rumah tangga produsen adalah....
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4
C. 2, 3, 5
D. 2, 4, 5
E. 3, 4, 5

0 Response to "Perilaku konsumen ekonomi SMA, pembahasan contoh soal"

Post a Comment