Bagaimana cara menggunakan formula IF Microsoft Exel dengan banyak syarat?

Formula IF Microsoft Excel

Formula IF pada Microsoft Excel berguna untuk menyatakan sebuah data dengan nama lain yang anda kehendaki. Dalam pemberian nama lain itu ada sudah memiliki kriteria tertentu, misalkan nilai 10 = Sangat Baik, nilai 8 = Baik dan lainnya. Nama lain ini bebas, misalnya: benar, salah, iya, tidak, mahal, murah dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh pada gambar dibawah ini:

Contoh data yang akan diterapkan formula IF

Anda ingin memberi keterangan sebagai berikut:
  • 10 = Sangat baik.
  • 8 = Baik
  • 6 = Jelek.
  • 4 = Sangat Jelek.
Maka penulisan Formula IF (anda tulis di cell B2) sebagai berikut:

=IF(A2=10;"Sangat Baik";IF(A2=8;"Baik";IF(A2=6;"Jelek";"Sangat Jelek)))

Ingat yah, banyak tutup kurung harus sama dengan banyak kurung buka.
Untuk mengisi formula IF pada kolom dibawahnya, anda anda tekan dengan mouse kotak kecil di pojok kanan bawah kolom seperti gambar dibawah ini:

Memasukkan formula IF pada kolom lain dengan cara seret kotak kecil ke bawah

Lalu seret ke bawah hingga cell B5 maka secara otomatis kolom lain terisi formula IF dengan hasil seperti gambar dibawah ini:

Contoh hasil penerapan Formula IF

Jika data anda berupa rentang tertentu misalnya:
  • 8 - 10 = Sangat Baik
  • 6 - 8 = Baik
  • 4 - 6 = Jelek
  • 0 - 4 = Sangat Jelek
Maka penulisan Formula IF sebagai berikut:
=IF(A2>8;"Sangat Baik";IF(A2>6;"Baik";IF(A2>4;"Jelek";"Sangat Jelek")))

0 Response to "Bagaimana cara menggunakan formula IF Microsoft Exel dengan banyak syarat?"

Post a Comment